Suzuki Susun Strategi Baru untuk Pasar Sepeda Motor



Jakarta, KompasOtomotif - Divisi sepeda motor Suzuki mulai berbenah. Kerap menjadi pilihan ketiga di bawah Honda dan Yamaha, kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), divisi Roda Dua, mulai menyusun strategi baru guna menghadapi persaingan di pasar.

Endro Nugroho, Wakil Presiden Direktur divisi Roda Dua SIS, menjelaskan, saat ini perusahaan tengah rekonstruksi strategi baru yang tepat untuk tujuan perusahaan. Selain itu, sekaligus mengevaluasi apakah strategi yang selama ini berjalan sudah benar atau belum.

"Tujuan awal rekonstruksi strategi ini adalah mengembalikan aspek fundamental dari bisnis kita dulu," jelas Endro kepada KompasOtomotif, di Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014) malam. Dengan menyamakan langkah dan target, tujuan perusahaan akan lebih mudah dicapai dan paling penting mendapat dukungan penuh prinsipal (Jepang).

SkutikSejalan dengan rekonstruksi strategi perusahaan, Suzuki juga sadar kalau pertumbuhan pasar sepeda motor nasional terbesar saat ini adalah skutik, diikuti sport, dan penurunan di segmen bebek. Dengan kondisi ini, SIS mau lebih fokus menggarap penjualan pada segmen-segmen yang menjanjikan terlebih dahulu.

"Kami harus berfikir ulang, apakah kami bisa memanfaatkan situasi ini. Bagi kami yang lebih penting Suzuki bisa mengambil langkah yang tepat," beber Endro.

Ke depan, Suzuki berencana untuk fokus pada produk-produk skutik yang selama ini ditinggalkan perusahaan. Tujuan ini juga terus disinergikan dengan semangat jaringan pemasaran di seluruh Indonesia, supaya bisa mengikuti langkah yang sama.

"Suka atau tidak suka, skutik itu seksi sekarang ini. Kami akan lebih fokus di sana (skutik) dan mencoba ikut dalam persaingan back bone (sport) melalui model baru nanti," tutup Endro, tanpa mau menjelaskan model apa yang dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar